Konfigurasi Mail Client dengan Windows Mail
Assalamulaikum Wr Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial Konfigurasi Mail Client dengan menggunakan Windows Mail, maksudnya adalah disini saya akan coba mengetes kirim kirim email dengan aplikasi Windows Mail.
Ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya, sebelum mempraktekan postingan ini, kalian harus konfigurasi untuk mail server serta usernya terlebih dahulu. Untuk caranya bisa kalian lihat Disini
Karna pada Windows Server tidak ada Windows Mail, maka dari itu disini saya install manual. Disini saya menggunakan Windows Live Essential 2009 yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi termasuk Windows Mail. jika kalian ingin link Downloadnya, bisa klik Disini
Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita ke langkah langkahnya
2) Nah karena kita hanya butuh fitur dari Mailnya saja, maka dari itu beri centang pada Mail saja kemdudian klik Install
3) Proses install sedang berlangsung, tunggu hingga selesai
4) Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, langsung saja klik Continue
5) Proses install selesai, klik Close
1) Jalankan aplikasi Windows Mail
2) Pada Email Address isikan email dari user yang telah dibuat pada hMail Server, kemudian masukan passwordnya pada kolo Password, untuk Display Name itu bebas apa saja namanya, setelah itu beri centang pada Manually configure server settings for e-mail account
3) Pada incoming mail server pilih IMAP, kemudian dibawahnya isikan address dari server mail. Pada Login ID isikan dengan email dari user yang dibuat di hmailserver, dan pada Outgoing Server isikan pula dengan ip address dari server mail
4) User berhasil ditambahkan, klik Finish
5) Nah user pertama berhasil di tambahkan, sekarang tambahkan pula user kedua. Caranya klik Add e-mail account pada bagian kiri
6) Untuk penambahan usernya caranya sama saja seperti user yang pertama tadi.
7) Disinipun sama seperti user pertama.
8) Akun berhasil ditambahkan, klik Finish
9) Sekarang kita coba untuk mengirim pesan, klik New dan pilih E-mail message
10) Pada From, atur pengirim emailnya siapa, To merupakan nama penerima pesan email, kemudian isikan teks email tersebut. Jika sudah, klik Send untuk mengirim
11) Sekarang coba cek pada user kedua, apakah ada email masuk dari user pertama?
Assalamulaikum Wr Wb
Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tutorial Konfigurasi Mail Client dengan menggunakan Windows Mail, maksudnya adalah disini saya akan coba mengetes kirim kirim email dengan aplikasi Windows Mail.
Ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya, sebelum mempraktekan postingan ini, kalian harus konfigurasi untuk mail server serta usernya terlebih dahulu. Untuk caranya bisa kalian lihat Disini
Karna pada Windows Server tidak ada Windows Mail, maka dari itu disini saya install manual. Disini saya menggunakan Windows Live Essential 2009 yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi termasuk Windows Mail. jika kalian ingin link Downloadnya, bisa klik Disini
Untuk mempersingkat waktu langsung saja kita ke langkah langkahnya
Install Windows Mail
1) Jalankan installer Windows Live, maka nanti akan muncul Lisensi agreement, klik Accept untuk menyetujui
2) Nah karena kita hanya butuh fitur dari Mailnya saja, maka dari itu beri centang pada Mail saja kemdudian klik Install
3) Proses install sedang berlangsung, tunggu hingga selesai
4) Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini, langsung saja klik Continue
5) Proses install selesai, klik Close
Konfigurasi Windows Mail
2) Pada Email Address isikan email dari user yang telah dibuat pada hMail Server, kemudian masukan passwordnya pada kolo Password, untuk Display Name itu bebas apa saja namanya, setelah itu beri centang pada Manually configure server settings for e-mail account
3) Pada incoming mail server pilih IMAP, kemudian dibawahnya isikan address dari server mail. Pada Login ID isikan dengan email dari user yang dibuat di hmailserver, dan pada Outgoing Server isikan pula dengan ip address dari server mail
4) User berhasil ditambahkan, klik Finish
5) Nah user pertama berhasil di tambahkan, sekarang tambahkan pula user kedua. Caranya klik Add e-mail account pada bagian kiri
6) Untuk penambahan usernya caranya sama saja seperti user yang pertama tadi.
7) Disinipun sama seperti user pertama.
8) Akun berhasil ditambahkan, klik Finish
9) Sekarang kita coba untuk mengirim pesan, klik New dan pilih E-mail message
10) Pada From, atur pengirim emailnya siapa, To merupakan nama penerima pesan email, kemudian isikan teks email tersebut. Jika sudah, klik Send untuk mengirim
11) Sekarang coba cek pada user kedua, apakah ada email masuk dari user pertama?
Oke, mungkicn cukup sekian untuk postingan kali ini.. Saya tutup
Terima kasih,
Sekian dan semoga bermanfaat..
Comments
Post a Comment